Tuesday, March 12, 2013

Rembug Kesiapan Masyarakat

BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) dari program PNPM tahun 2013 segera cair. Salah satu persyaratan cairnya dana adalah sudah menyelenggarakan RKM atau Rembug Kesiapan Masyarakat.

Setelah sempat tertunda-tunda karena Sekretaris BKM sedang menerima musibah, akhirnya RKM bisa juga terselenggara, malam Rabu ini tanggal 12 Maret 2013. Apa sebenarnya RKM itu?

RKM merupakan acara dimana warga masyarakat calon penerima bantuan langsung dari program pnpm mandiri perkotaan ditanya kesiapannya dalam menerima bantuan. Jika ternyata kesepakatan warga tidak siap menerima bantuan, itu berarti BLM tidak akan dicairkan. Dengan kesiapan menerima BLM, berarti masyarakat harus pula siap dengan segala konsekuensinya, termasuk mengikuti semua tahapan siklus pnpm seperti tinjauan partisipatif warga dan lain-lain.

 Dalam pertemuan pada malah hari ini, warga masyarakat desa tosaran sepakat siap menerima bantuan dari PNPM. Kesiapan tersebut tentunya juga dibarengi dengan kesiapan melaksanakan segala tahapan-tahapan dalam penerimaan BLM, termasuk nantinya membentuk kepanitiaan yang akan menangani program-program lingkungan dari pnpm.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes